7 Kesalahan Pengguna Skincare yang Sering dianggap Remeh! | Blog | Ella Skin Care
7 Kesalahan Pengguna Skincare yang Sering dianggap Remeh!
Admin-14 Desember 2021

7 Kesalahan Pengguna Skincare yang Sering dianggap Remeh!

Saat ini sudah banyak orang yang melek akan dunia skincare, wanita maupun pria dari berbagai kalangan usia sedang gemar untuk mencoba berbagai merk skincare dipasaran. Skincare sangat penting untuk membantu merawat kulit kita dari luar dan memperlambat proses penuaan serta menangkal efek radikal bebas. Namun, penggunaan skincare yang kurang tepat atau berbagai aktivitas yang tidak mendukung membuat skincare yang dipakai tidak dapat bekerja secara optimal. Sayang kan sudah beli mahal-mahal tetapi tidak memberikan hasil yang diinginkan. Lalu apa aja sih kesalahan yang sering dianggap remeh kebanyakan orang

Sering memegang wajah 

Memilih produk yang tepat untuk kulit dapat memperbaiki tekstur pada kulit wajah menjadi halus dan kenyal sehingga tanpa disadari membuat kita terbiasa untuk memegang wajah. Padahal semakin sering kita memegang wajah, semakin sering kita mentransfer kuman yang ada ditangan. Kuman dan bakteri tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Jadi, jangan dibiasakan untuk memegang wajah sebelum cuci tangan ya friends.

Tidak memakai makeup remover

Beberapa orang merasa sudah cukup dengan menggunakan cleanser wash saja. Faktanya ada beberapa produk makeup waterproof yang tidak bisa dihilangkan dengan pembersih muka friends dirumah. Agar tidak ada residu makeup yang tertinggal di wajah sebelum tidur, sebaiknya friends menggunakan makeup remover sebelum menggunakan sabun pembersih wajah, agar kulit wajah dapat bersih secara maksimal.

Mencuci muka terlalu sering 

Siapa bilang semakin sering cuci muka, kulit kita semakin bersih sehingga terhindar dari permasalahan kulit. Ternyata sering mencuci muka dapat mengakibatkan kulit kering dan iritasi karena hilangnya minyak alami pada wajah. Friends cukup mencuci muka sebanyak dua kali sehari ya friends.

Tidak mengganti handuk dengan rutin 

Penggunaan handuk dalam waktu yang cukup lama dapat membuat kuman atau bakteri menempel pada handuk. Apabila digunakan setiap hari dalam waktu yang lama, dengan kondisi yg lembab dapat menyebabkan jerawat karna kuman atau bakteri pada handuk tersebut. Sebaiknya sering ganti handuk untuk mengeringkan wajah secara rutin setiap 2-3 kali seminggu, dan jemur di tempat yang terpapar sinar matahari agar tidak lembab.

Over exfoliating 

Terlalu sering menggunakan produk yang bersifat exfoliating dapat membahayakan kulit wajah friends loh. Karena exfoliate merupakan pengelupasan bagian luar kulit baik secara fisik maupun kimia. Sebaiknya dilakukan setiap 2 minggu satu kali ya friends atau sesuai anjuran dokter.

Asal dalam memilih skincare

Saat ini memang banyak sekali brand skincare baru bermunculan yang membuat penasaran untuk dicoba. Namun, jangan asal membeli ya friends, pastikan skincare yang friends beli sesuai dengan kebutuhan kulit friends dan menjawab permasalahan kulit yang sedang friends alami.

Tidak menggunakan sunscreen 

Di beberapa artikel sebelumnya sudah sering banget Stella jelaskan akan pentingnya sunscreen. Tapi ga sedikit juga yang masih menganggap sunscreen itu ga penting. Padahal tidak menggunakan sunscreen akan berdampak saat ini dan kemudian hari lho friends.

Mencampur bahan aktif tertentu 

Penting banget untuk friends mengetahui tentang macam-macam ingredient dan bagaimana cara kerjanya. Karena ada beberapa bahan aktif yang tidak boleh dipakai secara bersamaan lho friends, salah satunya vitamin C dan retinol maupun AHA BHA dengan retinol karena dapat mengakibatkan iritasi. Bagi friends yang memiliki skincare yang mengandung retinol, friends bisa banget mengkombinasikannya dengan hyaluronic acid atau Ceramide karena mampu membuat retinol dapat bekerja secara maksimal.

Dari beberapa hal yang sudah Stella jabarkan diatas, siapa nih yang pernah melakukannya. Hihi yang lalu biarlah berlalu, yang terpenting saat ini friends sudah mengetahui hal apa aja sih yang tidak boleh dilakukan di wajah friends dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

 

Article Lainnya